Daisy Akui Program Pencarian Anggota MOMOLAND Juga Dimanipulasi

Kabar mengejutkan datang dari Daisy MOMOLAND. Dia mengakui bahwa acara Finding Momoland yang ditayangkan Mnet untuk mencari anggota grup tersebut telah dimanipulasi.

Finding Momoland merupakan reality show yang ditayangkan antara bulan Juli-September 2016. Acara tersebut menampilkan 10 trainee dari agensi MLD Entertainment (yang dulunya bernama Duble Kick Company) yang harus berkompetisi untuk mendapatkan tempat dalam girl group yang nantinya menjadi MOMOLAND.

Bacaan Lainnya

Anggota final ditentukan oleh evaluasi produser sebesar 60%, voting penonton online sebesar 20%, dan 20% dari voting penonton di studio saat penampilan mereka yang terakhir.

KBS menayangkan wawancara dengan Daisy dan ibunya pada tanggal 7 Januari.

Daisy mengungkapkan, “Di hari ketika aku dieliminasi, agensi menghubungiku dan meminta untuk bertemu di hari berikutnya. Mereka mengatakan bahwa mereka telah berencana untuk memasukkanku ke MOMOLAND meskipun aku tereliminasi dan aku akan debut di album berikutnya setelah promosi untuk album pertama telah selesai. Ketika aku masuk ke ruang tunggu setelah dieliminasi, seseorang dari agensi mengatakan kepadaku untuk tidak khawatir karena mereka telah mempunyai rencana untukku.”

Daisy diikutsertakan dalam grup MOMOLAND di album Wonderful Love yang dirilis setengah tahun setelah grup tersebut debut.

Seorang sumber dari agensi MLD Entertainment mengatakan, “Benar bahwa kami memberikan penawaran kepada Daisy untuk bergabung di album berikutnya, namun dia bergabung dengan MOMOLAND karena dia menyetujuinya. Sebagai sebuah agensi, kami hanya menambahkan anggota baru untuk mengisi aspek yang kurang dalam grup.”

Laporan KBS menjelaskan lebih lanjut bahwa anggota MOMOLAND harus membayar biaya produksi acara Finding Momoland.

Daisy menjelaskan, “Setelah debut di tahun 2017, aku mendapatkan catatan rekening pertamaku. Di bagian untuk tahun 2016 ketika aku masih belum menjadi bagian dari MOMOLAND, aku mempunyai hutang hampir 70 juta Won, dan mereka mengatakan bahwa itu merupakan bagian dari biaya produksi Finding Momoland. Aku mendengar bahwa biayanya harus dibagi diantara para anggota. Mimpiku untuk debut dalam grup idol sangat kuat dan aku berpikir bahwa kewajiban untuk membayar biaya tersebut memang sesuatu yang normal, jadi aku membayarnya.”

Menurut KBS, setelah mengecek ke agensi, semua anggota lainnya yang berpartisipasi dalam acara tersebut dan terpilih sebagai anggota MOMOLAND harus membayar puluhan juta Won sebagai biaya produksi. Sumber dari MLD Entertainment menjelaskan, “Kami telah menjelaskannya kepada para anggota bahwa mereka harus membayar biaya produksi dan itu tidak lah bermasalah karena mereka semua menandatangani kontrak mengenai hal tersebut.”

Sumber dari CJ ENM, perusahaan pemilik Mnet, menyangkal keterlibatan mereka dan mengatakan, “CJ tidak secara langsung memproduksi Finding Momoland dan kami hanya menayangkannya karena dibayar agensi. Ketika sebuah agensi memproduksi sebuah program audisi, kami tidak mengetahui apapun mengenai anggota yang akan dipilih, biaya produksi, ataupun promosinya.”

Namun, bertentangan dengan klaim tersebut, PD utama dari Mnet ikut ambil bagian dalam konferensi pers untuk acara tersebut. KBS melaporkan bahwa PD tersebut juga terlibat langsung dalam mendekorasi panggung untuk pertunjukan akhirnya. Ketika popularitas MOMOLAND makin tinggi di bulan Februari 2018, Mnet menayangkan kembali acara Finding Momoland.

Daisy sudah tidak berpartisipasi dalam aktivitas MOMOLAND sejak Februari 2019 dan statusnya sebagai anggota MOMOLAND masih tidak jelas. MOMOLAND baru saja melakukan comeback dengan 6 orang lewat Thumbs Up bulan Desember lalu.