(G)I-DLE Tidak Dapatkan Best New Female Artist, Mnet Respon Isu Kecurangan Di MAMA 2018

Isu tidak mengenakkan muncul dalam acara MAMA 2018 yang baru diselenggarakan di Korea kemarin malam. Netizen mempertanyakan kemenangan IZ*ONE dalam kategori Best New Female Artist.

Hal ini disebabkan karena dalam voting online untuk kategori Best New Female Artist ini, grup (G)I-DLE berada di peringkat 1 dengan mendapatkan 51,91% suara, jauh di atas IZ*ONE yang hanya mendapatkan 17,64% suara. Namun IZ*ONE menjadi pemenang Best New Female Artist sedangkan (G)I-DLE hanya mendapatkan penghargaan Best of Next.

Bacaan Lainnya
Hasil voting online kategori Best New Female Artist di MAMA 2018

Hal ini membuat netizen bertanya-tanya. Apalagi IZ*ONE merupakan proyek grup besutan acara Produce 48 yang ditayangkan Mnet.

Seorang sumber dari Mnet merespon tentang hal ini kepada media Segye Ilbo, “Benar bahwa (G)I-DLE mendapatkan banyak suara dalam voting online. Namun sejauh yang aku tahu, dalam segi penjualan digital, mereka kalah jauh dari IZ*ONE. Tidak ada manipulasi atau campur tangan dalam penghargaan ini.”

Sebelum voting online dimulai, Mnet sudah menjelaskan bahwa kategori untuk penghargaan artis tahun ini ditentukan oleh 20% voting online (Mwave), 30% oleh panel juri (dengan juri dari Korea dan internasional), 30% oleh penjualan digital, dan 20% oleh penjualan album fisik.