Lim Jae Hyun Respon Tuduhan Manipulasi Tangga Lagu

Penyanyi rookie Lim Jae Hyun dituduh telah memanipulasi tangga lagu (sajaegi) di Korea Selatan setelah lagu debutnya yang berjudul If There Was Practice In Love (사랑에 연습이 있었다면) melesat di tangga lagu portal musik populer 8 bulan sejak dirilis pada bulan September 2018.

Meskipun sudah dirilis 8 bulan yang lalu, lagu ini melesat ke puncak tangga lagu Melon pada tanggal 21 Mei tengah malam dan bertahan sampai sekarang. Lagu ini juga melesat di chart lainnya seperti Mnet dan Genie.

Bacaan Lainnya

Lagu ini tidak sesukses sekarang ketika pertama dirilis pada bulan September lalu. Namun setelah lagu ini dibuat versi covernya di Youtube oleh Lee Jin Sung dari Monday Kiz dan juga seorang Youtuber bernama Cerebral Palsy Creator, lagu ini menjadi populer dan menimbulkan kecurigaan akan manipulasi tangga lagu.

Lim Jae Hyun melalui akun media sosialnya merespon tuduhan ini. Dia menulis,

“Halo, aku Lim Jae Hyun.

Aku sangat berterima kasih karena kalian telah memberikan perhatian dan cinta untuk laguku If There Was Practice in Love.

Aku berpikir apakah aku pantas menerima cinta ini. Aku merasa kaget dan berterima kasih. Aku lahir di tahun 1997 dan merupakan siswa tahun kedua di Seoul Institue of the Arts jurusan vokal. Sebagai referensi, aku saat ini tidak terdaftar di Naver. Penyanyi Lim Jae Hyun lain yang ada di Naver bukanlah aku.

Aku tidak merasa bangga dan sombong atas cinta yang aku terima sekarang. Aku berterima kasih kepada semua orang yang telah memberitahuku atau memberi nasihat dalam hal apa yang masih kurang dalam hal bermusik.

Kontroversi baru-baru ini tentang laguku jelas-jelas salah. Keluargaku, diriku sendiri, dan orang-orang yang mencintaiku terluka secara mental dengan rumor, fitnah, penistaan karakter, dan komentar jahat yang tersebar. Karena ini adalah aksi kriminal, aku dengan sungguh-sungguh meminta kalian untuk menghentikan tindakan jahat ini.

Aku tidak melakukan apapun yang akan mengkhianati kepercayaan dari orang yang menyukai musikku dan yang percaya dan mendukungku. Banyak yang ingin aku katakan dan banyak ketidakadilan namun aku akan berhenti disini dan bekerja keras sehingga aku dapat memberikan musik yang lebih baik untuk kalian.

Aku berterima kasih kepada orang-orang yang mencintaiku. Aku tidak akan melupakan niat awalku dan akan bekerja tanpa lelah. Terima kasih.”

View this post on Instagram

안녕하세요 임재현 입니다 이번 제 노래 '사랑에 연습이 있었다면'에 뜨거운 관심과 사랑을 보내주셔서 너무 감사드립니다. 제가 이런 사랑을 받아도 되는 사람인가.. 얼떨떨하고 황송하기만 합니다.. 저는 97년생의 서울예대 보컬전공 2학년 학생입니다. 참고로 현재 네이버에 인물등록이 되있지않아 네이버에 나오는 또다른 임재현 이라는 가수분은 제가 아님을 밝힙니다. 저는 이번에 받은 사랑에 대해 절대 자만하거나 우쭐하는 마음이 없습니다. 저의 음악적인 부족함을 더욱더 꾸짖어 주시고 저에게 조언해주시는 모든 분들에게 감사드립니다. 최근 제 노래에 대한 논란은 명백히 사실이 아니며 루머 유포와 무분별한 비방, 명예훼손 및 악성 댓글로 인해 저를 포함한 저희 가족은 물론 저를 사랑해주시는 분들까지 심각한 정신적 고통과 상처를 받고 있습니다.. 이는 명백한 범죄 행위가 될 수 있음에 계속되는 악의적인 행위들을 멈춰주시기 간곡히 부탁 드립니다.. 저는 제 음악을 좋아해주시고 저를 믿고 응원 해주시는 분들에게 믿음을 저버릴 행동은 절대 하지 않았습니다. 하고싶은 말도 많고 억울한 부분도 많지만 말을 줄이고 더 좋은 음악을 들려 드릴 수 있도록 열심히 노력하겠습니다. 저를 사랑해주시는 분들께 정말 감사하다는 말씀 드리면서 초심 잃지 않고 끊임없이 노력하는 가수가 되겠습니다. 감사합니다

A post shared by 임재현 (@lim_jaehyun_) on

Penasaran dengan lagunya? Simak lagu If There Was Practice In Love dari Lim Jae Hyun di bawah ini.