Kasus Penipuan Sang Ayah Muncul, Ini Respon Agensi Ma Dong Suk

Menyusul rangkaian berita tentang hutang orang tua para selebritis seperti Microdot, Dok2, Rain, dan Wheein MAMAMOO yang menjadi konsumsi publik, kasus penipuan ayah aktor Ma Dong Suk juga tiba-tiba muncul ke permukaan.

Menurut sebuah postingan online, ayah Ma Dong Suk meminjam uang dari seseorang yang bernama Kim pada tahun 2010 untuk investasi bisnis.

Bacaan Lainnya

Ayah Ma Dong Suk diduga mengatakan kepada Kim, “Jangan percaya pada saudara-saudaramu di usia tuamu. Ketika kau meninggalkan dunia ini, aku akan mengurus segalanya.”, dan segera setelahnya mendapatkan seluruh dana pensiun Kim.

Setahun setelah dana pensiunnya diberikan, Kim menderita stroke dan harus dirawat di rumah sakit. Keponakan Kim kemudian mengetahui tentang dana pensiun ini beberapa tahun setelahnya dan menuntut ayah Ma Dong Suk secara hukum pada bulan Juni 2016. Meskipun banyak bukti hutang telah hilang, 300 juta Won (sekitar 3,8 milyar Rupiah) dari total hutang 500 juta Won (sekitar 6,4 milyar Rupiah) berhasil diakui pengadilan sebagai jumlah yang didapatkan ayah Ma Dong Suk dengan cara menipu.

Ayah Ma Dong Suk kemudian dituntut penjara 2 tahun 6 bulan. Namun karena usianya yang sudah tua, pengadilan memutuskan untuk mengganti hukumannya menjadi hukuman percobaan selama 4 tahun.

Ketika ditanya kenapa pihak Kim hal ini lewat komunitas online, mereka mengatakan hal ini disebabkan karena ayah Ma Dong Suk tidak pernah meminta maaf sekalipun. Mereka mengatakan, “Kami mendengar bahwa 200 juta won (sekitar 2,6 milyar Rupiah) terlambat disimpan di pengadilan, tetapi apa gunanya itu bagi bibi kami. Yang kami inginkan adalah permintaan maaf yang tulus terhadap bibi kami dan merefleksikan kesalahannya sepanjang hidupnya.”

TCO Entertainment selaku label dari Ma Dong Suk memberikan respon resmi terhadap hal ini. Mereka berkata, “Benar bahwa ayah Ma Dong Suk meminjam uang untuk tujuan investasi di tahun 2010. Namun karena ketidaksepakatan mengenai jumlah pinjaman, kasus ini dibawa ke pengadilan. Setelah mendapatkan keputusan pengadilan, ayah Ma Dong Suk membayar hutangnya secara penuh seperti yang sudah dikonfirmasi oleh pengacara ayah Ma Dong Suk.”

Pihak Ma Dong Suk menambahkan, “Apapun alasannya, kami menundukkan kepala untuk meminta maaf karena telah membuat semua orang khawatir karena berita tersebut. Apabila ada isu lainnya yang muncul, Ma Dong Suk sebagai seorang anak yang berbakti akan menyelesaikannya dengan para korban. Label kami akan melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah ini secara benar.”